“Yesterday is history.. Tomorrow is mystery.. but today is a gift. That’s why we call it present”


Metode vs Alat
June 21, 2009, 8:43 pm
Filed under: Adi Menulis, Teknik Industri

Teknologi saat ini sucah sedemikian maju. Peralatan mekanik, elektrik, dan elektronik sudah semakin canggih. Kemajuan ini secara umum memberikan dampak yang positif bagi kemajuan peradaban manusia.

Namun, yang patut menjadi perhatian adalah: kemajuan manusia disebabkan oleh adanya metode yang efektif dan kemudian didukung oleh peralatan yang baik. Bukan sebaliknya. Thats the key!

Manusia bisa hidup karena adanya metode. Manusia mencari cara agar tetap hidup; mereka merancang metode / teknik bercocok tanam dan berburu. Kemudian dilanjutkan dengan menggunakan sejumlah alat bantu, seperti senjata, traktor, dan sebagainya.

Ketika seseorang ingin membangun gedung, mereka memikirkan tentang metode cara membangun gedung dengan kokoh. Setelah berhasil menemukan metode, mereka mencari alat yang dapat membantu membuat gedung dengan kokoh, misalnya menggunakan pengaduk semen otomatis, dan sebagainya.

Begitu pula dengan berkomunikasi, manusia akan mencari metode berkomunikasi, misalya lewat surat via merpati (utk komunikasi jarak jauh).  Lalu kemudian mencari cara yang lebih memudahkan mereka, seperti e-mail.

Ketika seseorang ingin menebang pohon, orang itu berpikir CARA terbaik menebangnya. Setelah selesai memikirkan caranya, baru ia akan memilih alatnya. Namun jika ia memilih alatnya duluan, bisa dipastikan pohon tersebut akan sulit ditebang.

Begitu juga dalam konteks perusahaan. Perusahaan yang ingin maju, misalnya, akan memikirkan CARA untuk memperoleh keuntungan. Setelah itu barulah ia memikirkan alatnya, misalnya menambah mesin, peralatan, dan sebagainya.

Technology supports methods; not vise versa

*a message from methods engineer


Leave a Comment so far
Leave a comment



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: