“Yesterday is history.. Tomorrow is mystery.. but today is a gift. That’s why we call it present”


Teladan dari Suku Quraisy…
September 10, 2008, 2:44 pm
Filed under: Islam

Siapa yang tidak pernah dengar Suku Quraisy? Suku Quraisy ini adalah suku Rasulullah SAW. Nabi Muhammad SAW berasal dari suku. Beberapa dari qta mungkin sering mendengar tentang suku Quraisy jahiliyah. Sering dibilang sebagai kaum kafir quraisy, yakni kaum kafir dari suku Quraisy yang menentang dakwah Rasulullah SAW..

Anyway, terlepas dari kekafiran sebagian suku Quraisy itu, ternyata Suku Quraisy itu punya beberapa “sifat baik”. Al Quran menceritakan tentang suku Quraisy ini dalam Surat Al Quraisy (QS 106).

Karena susah ngetik pake bahasa Arab😀 jadi saya tulis terjemahannya aja

Dengan menyebut nama ALLAH Yang Maha Pengasih & Maha Penyayang..

  1. Karena Kebiasaan orang Quraisy
  2. (yaitu) kebiasaan mereka bepergian pada musim dingin dan musim panas
  3. Maka hendaklah mereka menyebah Tuhan pemilik rumah ini (Ka’bah)
  4. yang telah memberi makanan kepada mereka untuk menghilangkan lapar dan mengamankan mereka dari ketakutan

Maha Benar ALLAH dengan segala firman-Nya

Sepintas, ga ada yang aneh dengan isi surat ini. Isinya “cuma” memberikan info bahwa orang-orang Quraisy itu doyan bepergian pada musim dingin dan panas. Trus mereka disuruh menyembah ALLAH SWT. Udah. Thats all….

Namun, Tim Tafsir Universitas Islam Indonesia menyebutkan bahwa ada “sesuatu” dalam surat Al Quraisy ini yang menyebabkan suku Quraisy ini “dapat dijadikan contoh bagi qta.

  1. Kesuksesan bisa diraih melalui latihan atau pembiasaan positif. Suku Quraisy ini merupakan suku yang dihormati pada masa itu dan dipercaya sebagai penjaga Ka’Bah. Suku Quraisy membiasakan diri mereka dalam hal yang positif, sehingga mereka berhasil meraih predikat kesuksesan sebagai suku yang paling dihormati dan dipercaya di negeri Mekah pada waktu itu. Negeri Mekah mempunyai 15 orang koordinator pada saat itu (kira-kira selevel menteri lah) dan kesemuanya dipegang oleh orang Quraisy. Pembiasaan dilihat dari ayat pertama pada surat ini “Karena Kebiasaan orang Quraisy
  2. Kesuksesan bisa diraih dengan menjaga citra sehingga mendapat kepercayaan dari orang lain. Yaaa.. banyak yang bilang kesempatan itu setengah kesuksesan. Karena seberapa hebatnya qta, kalo ga dapet kesempatan untuk menunjukkan kehebatan qta itu, maka ga akan ada gunanya. Bagaimana caranya mendapatkan kepercayaan? Qta harus bisa membuat citra yang baik tentang diri qta. Buatlah orang lain percaya pada qta. Setelah orang percaya kepada qta, qta harus tetap menjaga amanah tsb (menjaga citra positif tsb).   Citra positif inilah yang selanjutnya akan menghasilkan kepercayaan
  3. Kesuksesan bisa dicapai dengan mempunyai jaringan (network) yang luas. Sehebat apapun qta kalo qta kuper, maka ga akan ada orang yang melihat diri qta. Terkait masalah network ini, saya kuliah di jurusan yang sangat membutuhkan bantuan orang lain. Teknik Industri. Kami berulang kali diingatkan bahwa kami itu bukanlah siapa-siapa kalo ga ada orang lain; karena ilmu kami itu tidak untuk berdiri sendiri. Networking ini juga dapat dibilang sebagai urat nadi kesuksesan bisnis. Jadi, kalo mo sukses, perbanyaklah networking, memperlebar sayap silaturahim, karena dalam silaturahim itu ada barakah… Dalam surat Al-Quraisy ini, disebutkan upaya membangun jaringan ini dengan istilah rihlah atau travelling. Rihlah ini merupakan salah satu cara dalam membangun jaringan tsb.
  4. Kesuksean bisa diraih jika qta bisa melihat situasi dan kondisi. Waktu adalah unsur terpenting ketika qta ingin mengambil suatu kesempatan. Ada yang mengatakan Time is Money. Kemampuan dalam menentukan timing yang baik untuk mengambil suatu tindakan adalah salah satu penentu qta dalam mencapai kesuksesan. Contoh paling gampang, kalo di musim panas qta berjualan jas hujan, pasti ga ada yg beli (kecuali orang yg berprinsip: sedia jas hujan sebelum hujan. hehehe…); tapi kalo qta jualan jas hujan di musim hujan.. kemungkinan laku akan lebih jauh lebih besar. Dalam surat Al-Quraisy ini, disebutkan mengenai timing ini dalam bepergian pada musim dingin dan musim panas. Suku Quraisy pada musim dingin pergi ke selatan (Negeri Yaman) dan pada musim panas pergi ke utara (Negeri Syam). RIght Time, Right Place
  5. Kesuksesan harus melahirkan jiwa syukur. Setiap qta harus selalu bersyukur atas nikmat yang diberikan kepada qta, apalagi jika qta diberikan nikmat kesuksesan.  ALLAH akan menambah kebaikan kalo qta bersyukur (QS 14:7). Dengan senantiasa bersyukur, maka akan dapat menghadirkan rasa rendah diri di hadapan ALLAH, dan dapat menghindarkan qta dari sifat takabur. Dengan bersyukur, qta menyadari bahwa segala kebaikan dan kesuksesan yang qta peroleh sebenarnya berasal dari ALLAH SWT.

Mudah-mudahan dapat menjadi bahan renungan qta bersama.

Met puasa yaaa.. semoga ibadah qta diterima ALLAH SWT… Amiiin….


Leave a Comment so far
Leave a comment



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: