“Yesterday is history.. Tomorrow is mystery.. but today is a gift. That’s why we call it present”


Apa itu Ergonomi..??
August 8, 2008, 2:40 pm
Filed under: Ergonomi, Teknik Industri

Mungkin orang banyak orang yang ga tau apa itu ergonomi. Untuk itu, saya mo bagi-bagi info dikit tentang ergonomi ini.. Mmm.. tulisan ini agak-agak serius si.. Tapi insyaALLAH bermanfaat lah. hehe….

Ergonomi ialah suatu cabang ilmu yang sistematis untuk memanfaatkan informasi-informasi mengenal sifat, kemampuan dan keterbatasan manusia untuk merancang suatu sistem kerja sehingga orang dapat hidup dan bekerja pada sistem itu dengan baik, yaitu mencapai tujuan yang diinginkan melalui pekerjaan itu, dengan efektif, nyaman, aman, sehat dan efisien (Sutalaksana, 2006).

Dalam literatur lain, disebutkan bahwa ergonomi dapat didefinisikan sebagai

studi mengenai interaksi antara manusia dengan objek/peralatan yang digunakan dan lingkungan tempat mereka berada (Pulat,1992). Wickens et.al. (1993) juga menyebutkan ergonomi biasa juga disebut sebagai human factor untuk AS dan beberapa negara lainnya.Meskipun demikian, keduanya mengandung arti yang sama. Ergonomi juga dapat didefinisikan secara praktis sebagai perancangan untuk digunakan oleh manusia (Pulat, 1992).

Ergonomi berasal dari bahasa Yunani, yakni ergon yang berarti kerja, dan nomos yang berarti aturan/hukum (Pulat, 1992). Sehingga, secara terminologi, ergonomi dapat disebut sebagai aturan kerja.

Ergonomi pertama kali disebutkan dalam literatur oleh seorang ilmuwan Polandia, Wojciech Jastrzebowski. Istilah ergonomi juga dikemukakan oleh ilmuwan Inggris K.F.H. Murrel pada tahun 1949.

Prinsip utama ergonomi adalah bagaimana menyesuaikan pekerjaan dengan pekerja. Artinya, perancangan suatu alat/pekerjaan harus berdasarkan penggunaan oleh manusia, dan harus dipertimbangkan mengenai kemampuan dan kemauan manusia. Manusia dengan segala sifat dan tingkah lakunya merupakan makhluk yang sangat kompleks. Untuk mempelajari manusia, tidak cukup ditinjau dari satu disiplin ilmu saja. Oleh sebab itulah untuk mengembangkan Ergonomi diperlukan dukungan dari berbagai disiplin ilmu, antara lain psikologi, antropologi, faal kerja atau fisiologi, biologi, sosiologi, perencanaan kerja, fisika, dan lain-lain. Masing-masing disiplin tersebut berfungsi sebagai pemberi informasi. Pada gilirannya, para perancang, dalam hal ini para ahli teknik, bertugas untuk meramu masing-masing informasi di atas, dan menggunakannya sebagai pengetahuan untuk merancang fasilitas kerja sehingga mencapai kegunaan yang optimal (Sutalaksana, 2006).

Pulat (1992) membagi permasalahan bidang kajian ergonomi menjadi beberapa kelompok/bagian sebagai berikut:

  1. Antropometri
  2. Kognitif
  3. Muskuloskeletal
  4. Kardiovaskular
  5. Psikomotor

11 Comments so far
Leave a comment

Wow, hebat. Lima post in a row!
Happy blogging ya!

Comment by ikazain

Alhamdulillah ane udah lulus ntu mata kuliah…nilanya?..yah lumayanlah yang penting lulus dan paham. heuheu…

Comment by zulfadlillah

@ Ika:
Thanx yaa Ka🙂

@Zul:
Alhamdulillah, yang penting kan pemahaman. Nilai bisa menyusul🙂

Comment by adipradana

klo definisi Nada sendiri mngenai ergonomi gimana?
jadi msaial ergonomi adalah blablabla…(satriawan,2008)

salam blogger..ijin ngelink!

Comment by mas_adhi

eh,mksdnya definisi Anda…salah ketik ituh..:p

Comment by mas_adhi

eh di.. antropometri tuh yg gara2 ukurannya ga sesuai dgn ukuran manusianya yha?
hehehe, jadi tau gara2 kmaren jadi respondennya Dhilla..😀

Comment by fathah

Yup.. Antropometri itu “ngurusin” masalah dimensi tubuh manusia. Contoh sederhananya, masalah baju. Kan ga nyaman kalo pake baju kegedean. Apalagi masalah desain alat-alat kerja atau tempat kerja gitu-gitu…

Hehe.. jadi familiar sama lab PSKE ya?😀 dari jaman Ka Malik sampe Dila.. ckck.. wah… udah 3 kali jadi responden tu. Harusnya udah dapet piring cantik. hohoho…
😀

Comment by adipradana

ergonomi kognitif itu ap?

Comment by linardi

Ergonomi kognitif itu secara sederhana bagaimana qta ikut mempertimbangkan aspek kognitif seseorang pada pekerjaannya.

Contohnya, perlu dipertimbangkan bahwa short-term memory wanita lebih baik daripada laki2. Oleh karena itu, pekerjaan yg bersifat multitasking lebih baik dilakukan oleh wanita

Selain itu, kemampuan memory manusia itu kurang lebih dapat mengingat 7+/- 2 chunk of information. Misalnya, nomor telepon yang ditulis sebagai 0813-246-357-12 akan lebih baik daripada yang ditulis 081324635712. Hal itu disebabkan karena penulisan yang pertama hanya membutuhkan 4 chunk informasi, sedangkan penulisan kedua membutuhkan 12chunk.

Mudah-mudahan bisa memberi gambaran😀

Comment by adipradana

salam…
saya pelajar dari politeknik sultan abdul halim mu’adzam shah jitra kedah.
saya sekarang tengah membuat satu tugasan tentang ergnomik.
boleh pihak tuan membantu saya?

Comment by zaidi

Salam kenal Zaidi. insyaAllah saya akan membantu semampu saya🙂
Wassalam..

Comment by adipradana




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: